Kemenperin gandeng mitra internasional kerek mutu vokasi RI

- Jurnalis

Kamis, 7 Desember 2023 - 17:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kami terus memperkuat kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholders

Jakarta (Rumah Bicara) –

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memperkuat kolaborasi dengan sejumlah mitra internasional untuk mengerek mutu pendidikan vokasi Indonesia.

 

“Kami terus memperkuat kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholders, baik dari dalam maupun luar negeri, seperti mitra industri, asosiasi industri, pemerintah daerah, dan mitra pembangunan luar negeri terkait penerapan pendidikan vokasi sesuai dengan standar Eropa,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan di Jakarta, Kamis.

 

Masrokhan mengatakan wujud nyata kolaborasi antara BPSDMI Kemenperin dengan mitra internasional dalam penerapan pendidikan vokasi sistem ganda, antara lain melalui penyelenggaraan serangkaian kegiatan vokasi dengan menggandeng Pemerintah Jerman dan Swiss.

 

Salah satu bentuk kegiatan yang dijalankan adalah workshop tentang Penguatan Manajemen Kelembagaan Institusi Vokasi, Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional Batch 6, Pelatihan Master Trainer Pelatih Tempat Kerja Internasional Tahun 2023, dan Focus Group Discussion (FGD) Structured Internship Guidelines yang dijalankan pada Oktober sampai akhir November 2023.

 

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI) Emmy Suryandari menjelaskan Workshop Penguatan Manajemen Kelembagaan Institusi Vokasi merupakan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan.

 

“Tujuannya untuk memperkuat promosi dan kualitas sistem VET di Indonesia, serta memberikan solusi inovatif dalam manajemen politeknik yang mampu menghadapi tantangan global dan masa depan,” katanya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada 30 Oktober hingga 3 November tersebut, diikuti oleh 36 peserta dari unit pendidikan tinggi Kemenperin, Kemendikbudristek, Kemenparekraf, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Workshop hasil kerja sama BPSDMI dengan Swisscontact melalui Proyek Skills for Competitiveness (S4C) ini juga menghadirkan fasilitator dengan kualifikasi internasional dari International Training Centre of International Labour Organization (ITC-ILO) dan turut mengundang SwissCham serta mitra industri dalam negeri.

Baca Juga :  Pengamat kelautan apresiasi restorasi terumbu karang di Bontosua


Selanjutnya, dalam pengembangan kemitraan vokasi antara kampus dan mitra industrinya, BPSDMI didukung penuh oleh GIZ Jerman, Swisscontact-S4C, dan Kadin Indonesia untuk melatih keterampilan pelatih tempat kerja sesuai best practice di negara Eropa melalui pelaksanaan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (ICT) Internasional Batch 6.


Adapun pada 13-20 November 2023, BPSDMI dengan GIZ Jerman dan Swisscontact-S4C kembali melanjutkan penyelenggaraan kegiatan vokasi dengan mengadakan Pelatihan Master Trainer Pelatih Tempat Kerja Internasional Tahun 2023 bersama Kemenko Perekonomian, Kadin Indonesia, dan IHK Trier yang diikuti oleh 16 peserta dari industri dan Kadin Daerah.


“Kegiatan ini melatih peserta agar memiliki kemampuan pedagogi dan andragogi sehingga mampu menjadi instruktur di industri dan pada Pelatihan Pelatih Tempat Kerja tingkat dasar untuk rekan-rekan industri dalam hal mempersiapkan, merencanakan, melaksanakan, hingga mengevaluasi pelaksanaan kegiatan vokasi di perusahaan secara sistematis dan terstruktur,” tegas Emmy.


Rangkaian kegiatan vokasi ini kemudian ditutup dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Structured Internship Guidelines oleh BPSDMI bekerja sama dengan Swisscontact-S4C, SwissCham, dan Kadin Indonesia.

 

Hasil dari FGD ini menjadi acuan bagi perusahaan dan institusi pendidikan vokasi untuk memulai program pendidikan dan pelatihan vokasi sistem ganda.


“Rangkaian kegiatan pelatihan vokasi ini juga merupakan bentuk komitmen BPSDMI untuk menghasilkan SDM industri yang kompeten dan berdaya saing global melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi sesuai dengan semangat Pemerintah Indonesia yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi,” papar Emmy.

 

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © Rumah Bicara 2023

Sumber : www.antaranews.com

Baca Juga :  Pertamina jelaskan soal proyek PLTP Lumut Balai Unit 2 di AIPF 2023

Berita Terkait

Banjir wisatawan, pengelola Gili Tramena diminta jaga sapta pesona
VICI bawa produk perkakas profesional di IIMS harga mulai Rp1 jutaan
Bali dapat tambahan kuota 250 ribu elpiji subsidi 3 kg
Keraton Surakarta berharap revitalisasi sasar bangunan dalam
Gubernur sebut Kepri jadi pintu masuk wisman terbesar ketiga nasional
Minat belanja beralih ke online, TKK luncurkan platform belanja online
PLN terus maksimalkan upaya listriki pulau terkecil di Tanah Papua
Menteri ATR/BPN AHY akan berkunjung ke IKN pada pekan depan

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 20:00 WIB

Polisi selidiki penyebab 105 orang keracunan di Mandailing Natal

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:59 WIB

Angka bunuh diri Korea Selatan tertinggi di antara negara maju

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Persita imbangi Persebaya 1-1 berkat gol bunuh diri Paulo Henrique

Jumat, 23 Februari 2024 - 16:57 WIB

Komnas Perempuan sebut hubungan pacaran kerap berisiko bagi perempuan

Jumat, 23 Februari 2024 - 15:56 WIB

Kementerian ESDM pastikan program hilirisasi di Vale tetap berjalan

Jumat, 23 Februari 2024 - 14:55 WIB

Satu orang utan mati terseret banjir di Gayo Lues

Jumat, 23 Februari 2024 - 13:54 WIB

Polda Jateng ungkap peredaran 52 kg sabu dan 35.000 butir ekstasi

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:52 WIB

Google hentikan sementara kemampuan Gemini hasilkan gambar AI orang

Berita Terbaru

HIBURAN

Ballistik Boyz kembali dengan album ketiganya Back&Forth

Jumat, 23 Feb 2024 - 22:44 WIB

BOLA

Persib Bandung ditahan imbang Barito Putera

Jumat, 23 Feb 2024 - 22:32 WIB

DUNIA

Panasonic mulai perluasan pabrik mesin SMT di China timur

Jumat, 23 Feb 2024 - 22:20 WIB