Ketua MPR dukung kerja sama pemasaran produk pertanian majukan UMKM

waktu baca 2 menit
Jumat, 17 Mar 2023 14:11 0 2 Agus Hartono



Jakarta (RUMAHBICARA.COM) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung kerja sama PT Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera (BAMS) dengan Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), salah satunya dengan pemasaran produk olahan pertanian PT BAMS, untuk memajukan UMKM Indonesia.

“Melalui kolaborasi dengan Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), diharapkan berbagai produk PT BAMS tersebut bisa semakin menembus berbagai pasar negara lain. Sehingga bisa membuat produk UMKM Indonesia membanjiri pasar internasional,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, usai menerima pengurus PBA, di Jakarta, Jumat.

Dalam keterangan tertulisnya, Bamsoet mengatakan berbagai produk PT BAMS sebelumnya telah menembus pasar Jepang, Kanada, Jerman, Amerika Serikat, dan berbagai negara lainnya.

Adapun produk olahan pertanian yang akan dipasarkan melalui kerja sama ini adalah keripik salak, nangka, pisang, pepaya, edamame, hingga makanan olahan dalam kaleng seperti opor ayam, garang asem, nasi goreng, dan berbagai produk lainnya, ke berbagai pasar luar negeri dalam satu merek kolektif “LUPBA”.

Bamsoet yang juga merupakan pendiri PT Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera menjelaskan kerja sama PBA dengan PT BAMS melalui satu merek LUPBA untuk menyukseskan program Kementerian Hukum dan HAM RI yang mencanangkan tahun 2023 sebagai tahun merek.

Perlindungan merek mutlak dibutuhkan untuk mencegah serta menghindari pelanggaran serta memperoleh kepastian hukum atas kepemilikan merek.

“Sebagai negara agraris, sangat disayangkan jika hasil pertanian tidak kita olah lebih lanjut untuk mendapatkan nilai tambah ekonomi,” ucap Bamsoet.

Melalui kegiatan pabrikasi berskala ekspor, tutur Bamsoet melanjutkan, serta kini ditunjang kolaborasi dengan Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), PT BAMS telah membuktikan kepada dunia bahwa hasil pertanian Indonesia tidak kalah dibanding negara tetangga.

“Semisal, Thailand, Vietnam, dan Malaysia,” ujar Bamsoet.

PT BAMS didirikan Bamsoet pada tahun 2003 di Kabupaten Banjarnegara, salah satu daerah pemilihannya di Dapil 7 Jawa Tengah. Kehadirannya selain untuk membuka lapangan pekerjaan juga untuk membuktikan hasil bumi Banjarnegara memiliki kualitas mumpuni untuk menguasai pasar internasional.

Baca juga: Ketua MPR dukung rencana bunga pinjaman nol persen bagi UMKM

Baca juga: Ketua MPR ajak Hipmi kampanyekan belanja produk dalam negeri

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © RUMAH BICARA 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *