Perluas layanan, Kemenperin tingkatkan daya saing industri keramik

- Jurnalis

Kamis, 7 Desember 2023 - 16:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

perkembangan investasi industri keramik di Indonesia terus tumbuh sehingga memacu dari sisi kapasitas, perolehan devisa, maupun penyerapan tenaga kerja

Jakarta (Rumah Bicara) –

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) terus berupaya meningkatkan daya saing industri keramik nasional yang dinilai prospektif menyusul pertumbuhan properti dan perumahan.

 

Kepala BSKJI Andi Rizaldi mengatakan industri keramik beserta sektor terkaitnya seperti produsen ubin, saniter, tableware, kaca, refraktori, serta produk mineral nonlogam lainnya, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendongkrak perekonomian nasional.

 

“Apalagi, perkembangan investasi industri keramik di Indonesia terus tumbuh sehingga memacu dari sisi kapasitas, perolehan devisa, maupun penyerapan tenaga kerja,” sebutnya di Jakarta, Kamis.

 

Merujuk laporan dari Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI), produksi keramik di Indonesia pada tahun 2023 diproyeksikan sebesar 551 juta meter persegi, dan akan ditingkatkan menjadi 625 juta meter persegi pada tahun 2024. Adapun tingkat utilisasi saat ini adalah 78 persen, dan akan ditingkatkan menjadi 82 persen pada tahun 2024.


Andi menambahkan, selain industri keramik, sektor yang turut berperan penting dalam menunjang pembangunan infrastruktur di tanah air adalah industri semen. Adapun produksi semen sepanjang tahun 2022 lebih dari 64 juta ton, dengan kebutuhan sekitar 63 juta ton.


“Di samping itu, sektor lain yang juga mendukung pembangunan infrastruktur dan properti di Indonesia adalah industri kaca lembaran,” imbuhnya.

 

Berdasarkan data Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP), industri ini diyakini mampu meraih penjualan hingga 1,29 juta ton pada 2023 atau tumbuh 4,8 persen dibanding tahun lalu 1,23 juta ton.

Baca Juga :  Indonesia dan Jerman kerja sama kembangkan transportasi hijau


Andi mengatakan, dalam menghadapi peluang dan tantangan industri keramik dan mineral nonlogam, pihaknya mendorong unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan BSKJI agar bertahap menuju Badan Layanan Umum (BLU), dengan meningkatkan kualitas pelayanan ke industri dan melakukan perluasan lingkup layanan.

 

Dalam hal ini, perannya dilaksanakan oleh Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Keramik dan Mineral Non Logam (BBSPJIKMN).

 

“BBSPJIKMN memiliki peranan penting dalam memastikan komoditi keramik dan mineral nonlogam yang dihasilkan oleh industri dalam negeri memenuhi standar mutu yang berlaku,” ungkap Andi.

 

Guna mencapai sasaran tersebut, pada 4-6 Desember 2023, BBSPJIKMN melaksanakan Konsinyering Evaluasi Layanan di Garut, Jawa Barat, untuk meninjau kembali layanan yang telah disediakan, serta mengevaluasi dan memastikan bahwa layanan tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan.

 

Kepala BBSPJIKMN Azhar Fitri mengungkapkan, Kemenperin telah menjalankan berbagai program dan kebijakan strategis dalam pengembangan industri keramik nasional, antara lain meningkatkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan pengawasan pelaksanaan standar nasional Indonesia (SNI) wajib bagi keramik yang beredar di pasar dalam negeri.


“Sementara itu, yang sudah kami lakukan di antaranya kegiatan pelayanan jasa teknis industri berupa layanan jasa sertifikasi, pengujian, kalibrasi, bimbingan teknis, optimalisasi pemanfaatan teknologi industri, konsultansi, serta rancang bangun dan perekayasaan industri,” sebutnya.

 

Pada tahun 2023, BBSPJIKMN telah memberikan pelayanan jasa kepada lebih dari 485 mitra baik dari kalangan industri kecil dan menengah, industri besar, dunia pendidikan dan instansi pemerintah.


Seiring dengan persiapan BBSPJIKMN menuju BLU, lanjut Azhar, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan berfokus pada kompetensi sumber daya manusia maupun memperluas jangkauan layanan dan menambah jenis layanan yang dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan industri keramik nasional.

Baca Juga :  Airlangga: DEFA mampu dongkrak ekonomi ASEAN hingga 2 Triliun dolar 


BBSPJIKMN juga telah mengembangkan beberapa layanan baru, yaitu layanan konsultansi Indi 4.0, verifikasi TKDN, Lembaga Pemeriksa Halal, dan Lembaga Sertifikasi Profesi.

 

“Dengan semakin bertambahnya jangkauan layanan diharapkan BBSPJI KMN dapat bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam rangka peningkatan daya saing industri keramik nasional,” kata Azhar.

 

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © Rumah Bicara 2023

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Ganjar penasaran tentang Jimny 5 pintu
Ganjar bicara soal penggunaan kendaraan elektrik saat kunjungi IIMS
KPPU panggil empat perusahaan pembiayaan daring bagi mahasiswa
KemenKopUKM minta pelaku usaha utamakan mediasi dalam sengketa hukum
Bappenas paparkan tiga strategi untuk capai SDGs dalam APFSD 2024
Bantu jaga ketahanan pangan, warga diimbau tanam sayur metode vertikal
Petani nenas Siak raih peluang baru dari pengolahan grade B dan C
Proyeksi saham BSI tembus Rp2.700 per lembar

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 08:18 WIB

Persija takluk 0-1 dari Madura United

Jumat, 23 Februari 2024 - 06:16 WIB

Bos Apple minta klub MLS pelajari “efek bisnis” Lionel Messi

Jumat, 23 Februari 2024 - 05:15 WIB

Xabi Alonso tutup mulut soal peluang melatih Liverpool atau Bayern

Jumat, 23 Februari 2024 - 04:14 WIB

Pelatih Mario Gomez bertanggung jawab penuh atas kekalahan Bhayangkara

Jumat, 23 Februari 2024 - 03:13 WIB

Persita Tangerang usung misi bangkit ketika jamu Persebaya Surabaya

Jumat, 23 Februari 2024 - 02:12 WIB

Riekerink tegaskan Dewa United tak gentar hadapi PSIS Semarang

Jumat, 23 Februari 2024 - 01:11 WIB

Doll nilai Persija sudah maksimal ketika ditekuk Madura United

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:10 WIB

PSBS Biak nikmati masa persiapan di Aceh jelang hadapi Persiraja

Berita Terbaru

HIBURAN

Pesan tentang etika dalam film “Sinden Gaib”

Jumat, 23 Feb 2024 - 08:28 WIB

BOLA

Persija takluk 0-1 dari Madura United

Jumat, 23 Feb 2024 - 08:18 WIB

BISNIS

Ganjar penasaran tentang Jimny 5 pintu

Jumat, 23 Feb 2024 - 08:13 WIB

TERKINI

Pakar: Putusan hakim harus berpihak pada kebenaran

Jumat, 23 Feb 2024 - 07:48 WIB