Indra Sjafri akan rampingkan skuad timnas U-20 setelah selesainya TC

- Jurnalis

Rabu, 31 Januari 2024 - 07:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Pelatih timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri akan merampingkan skuad timnya setelah selesainya pemusatan latihan (TC) pada 10 Februari nanti. Nantinya, pelatih yang mempersembahkan emas di SEA Games 2023 Kamboja itu akan akan mencoret 13 pemain dan hanya meninggalkan 17 pemain untuk mengisi skuad timnas U-20.

Hal ini dikatakan Indra setelah kekalahan Indonesia U-20 di laga uji coba melawan Uzbekistan U-20 dengan skor 2-3 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dua pertandingan uji coba internasional yang sudah kami lakukan, kami hampir mencoba sekitar lebih dari 27 pemain di dua pertandingan dan kami sekarang tahu persis dari 30 pemain yang ada di TC sekarang lebih kurang hanya 17 pemain yang saya pikir bisa dijadikan pemain-pemain untuk berkiprah dari skuad U-20,” kata Indra.

“Tim ini akan berlanjut melakukan TC sampai tanggal 10 untuk nanti kami memastikan mungkin ada satu atau dua kali uji coba lagi untuk memastikan dari 30 pemain tersebut siapa-siapa saja yang benar-benar bisa kita jadikan bagian dari tim nasional U-20,” lanjutnya.

Perlu diketahui, timnas U-20 asuhan Indra adalah tim nasional yang dipersiapkan jauh-jauh hari untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Sebelum berlaga di pergelaran akbar itu, nantinya timnas U-20 akan mengikuti Piala AFF U-19 2024 pada pertengahan tahun sebagai ajang pijakan pertama untuk menilai kekuatan tim lebih lanjut ke depannya sebelum berlaga di kualifikasi Piala Asia pada akhir tahun.

Untuk itu, untuk menambal kekurangan yang ada setelah merampingkan skuad U-20 menjadi 17 pemain, Indra akan menambah pemain baru yang didapatkan dari ajang Piala Soeratin, kompetisi Elite Pro Academy (EPA), dan menjaring pemain-pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Baca Juga :  Dishub Surabaya sediakan ratusan "shuttle bus" saat Piala Dunia U-17

“Satu, kita lagi mengirim pelatih ke Surabaya untuk melihat semifinal Soeratin Cup dan juga kita lagi mengikuti turnamen EPA, Elite Pro Academy dan juga setelah itu kita lagi menginventarisir pemain-pemain kita yang bermain di luar negeri jadi ada beberapa pemain yang sekarang kelahiran 2005 yang bermain di luar dan kita sudah berkomunikasi dengan mereka nanti di FIFA Match Day bulan Maret kita akan melakukan TC lagi,” jelas Indra.

“Namanya (pemain luar negeri) nanti yang akan  kita panggil, jadi yang pasti setiap FIFA match day akan TC dan  dilakukan uji coba. Program kita sampai Desember kita udah sampaikan Ke PSSI dimana nanti juga ada bulan Juli ya di minggu kedua kalau gak salah ada AFF, nah itu menjadi parameter pertama dari kesiapan tim ini Untuk menuju kualifikasi AFC nanti di akhir tahun,” tambahnya.

Lebih lanjut, dengan melakukan banyak seleksi di skuad U-20, Indra menjelaskan hal ini bertujuan untuk mendapatkan pemain-pemain yang benar-benar berkualitas.

“Pertama ya kenapa dia terpilih, empat persyaratan yang kami sudah sampaikan pada para pemain di awal TC dan juga hasil dari tes-tes yang kita lakukan, profil medis mereka, jadi ada beberapa pemain yang juga dari sisi medis saja ada yang bermasalah. Kedua dari sisi profil fisik, sisi fisiologi, sisi psikologi,” ucap Indra.

“Jadi semua Ketua umum PSSI menyarankan kepada kami, betul-betul mencari pemain atau pemain yang akan kita investasi adalah pemain-pemain yang benar-benar berkualitas. Oleh sebab itu, dari profil-profil itu ditambah dengan uji coba uji coba yang dilakukan untuk melihat kemampuan taktikal baik itu secara individu, baik itu grup taktikal, baik itu bagaimana dia menjalankan tim taktikal,” tambahnya.

Baca Juga :  Arema FC harapkan Arkhan Fikri tampil maksimal untuk Timnas

Baca juga: Indra Sjafri jalin komunikasi dengan para pelatih tim Piala Suratin

Baca juga: Indra Sjafri jadikan laga uji coba sebagai saringan pemain timnas U-20

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Elias Dolah kembali perkuat pertahanan Bali United hadapi PSM
Debut Widodo bersama Arema FC diwarnai dengan kemenangan 3-2 atas Rans
Hokky Caraka serahkan urusan pemanggilan ke timnas kepada PSS
Barito Putera tak masalah meski bermain kandang di luar Kalimantan
Aubameyang jadi raja gol Liga Europa
Persija takluk 0-1 dari Madura United
Hasil Liga Europa: duo Italia, AC Milan dan AS Roma lolos ke 16 besar
Bos Apple minta klub MLS pelajari “efek bisnis” Lionel Messi

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 12:08 WIB

China catat lonjakan konsumsi selama liburan Festival Musim Semi

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:07 WIB

Sandiaga ajak diaspora Indonesia di Melbourne dukung pariwisata RI

Jumat, 23 Februari 2024 - 10:05 WIB

China: BRICS pembawa kebaikan bagi hubungan internasional

Jumat, 23 Februari 2024 - 09:04 WIB

Jerman dukung PM Belanda Rutte calonkan diri jadi Sekjen NATO

Jumat, 23 Februari 2024 - 08:02 WIB

Wamil warga negara Myanmar picu naiknya migran ke Thailand

Jumat, 23 Februari 2024 - 07:01 WIB

Pasar Inggris terbuka untuk merek-merek EV China

Jumat, 23 Februari 2024 - 06:01 WIB

Malaysia ingin lihat ASEAN menjadi organisasi yang lebih aktif

Jumat, 23 Februari 2024 - 05:00 WIB

AS selalu jadi biang keladi pendudukan Palestina

Berita Terbaru

BISNIS

DBMPR Jabar ungkap pembangunan Tol Getaci berprogres

Jumat, 23 Feb 2024 - 13:20 WIB