Jordania taklukkan Irak secara dramatis untuk melaju ke perempat final

- Jurnalis

Selasa, 30 Januari 2024 - 01:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Jordania secara dramatis melangkah ke babak perempat final Piala Asia 2023 Qatar setelah meraih kemenangan 3-2 atas Irak di Stadion Internasional Khalifa, Al-Rayyan, Qatar, Senin.

Pada laga itu, tiga gol Jordania dicetak oleh Yazan Al-Naimat (45+1’), Yazan Alarab (90+5’), dan Nizar Mahmoud (90+7’), sedangkan dua gol Irak dicetak oleh Saad Natiq (68’) dan Aymen Hussein (78’).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kedua tim sama-sama memulai laga dengan tempo cepat. Dalam 45 menit pertama, The Chivalrous, julukan Jordania, lebih menguasai jalannya laga dengan serangan-serangan yang merepotkan lini pertahanan Irak.

Pada menit ke-17, Jordania mempunyai peluang emas. Ali Olwan mendapatkan bola muntah hasil clearance kiper Jalal Hassan yang kurang sempurna. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 9 itu ke gawang yang sudah kosong masih menyamping.

Dua menit setelahnya, Olwan kembali mengancam. Kali ini kerja samanya dengan Yazan Al-Naimat membuahkan peluang berbahaya dimana ia melesatkan tendangan keras. Bukan menyamping, kali ini tendangannya bisa ditepis Hassan.

Memasuki menit ke-26, lagi dan lagi Hassan menjadi momok bagi Olwan yang kembali gagal mengeksekusi peluang emas dimana ia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Singa Mesopotamia tersebut.

Pada menit ke-35, Jordania hampir kebobolan andai sang kiper Yazees Abulaila tidak melakukan penyelamatan gemilang dari tendangan jarak jauh Ibrahim Bayesh.

Pada laga yang memasuki menit-menit kritis, Jordania akhirnya membuka keunggulan setelah Yazan Al-Naimat yang lolos dari penjagaan bek Irak mengeksekusi tendangan dengan baik yang gagal diamankan Hassan. Skor 1-0 untuk Jordania menutup 45 menit pertama.

Irak lalu mengambil alih permainan babak kedua setelah tertinggal 0-1. Ahmed Al-Hajjaj memulai ancaman Irak dengan umpan crossing-nya yang hampir berbuah gol pada menit ke-48. Tujuh menit setelahnya gantian Hussein Ali yang memberikan ancaman melalui tendangan kaki kanannya yang masih diselamatkan oleh Yazees Abulaila.

Baca Juga :  Mitoma masuk skuad Jepang untuk Piala Asia meski masih cedera

Serangan-serangan pasukan Jesus Casas akhirnya berbuah pada menit ke-68 dimana berawal dari sepak pojok, bek jangkung Saad Natiq berhasil menanduk bola yang memperdaya Yazees. Skor menjadi imbang 1-1.

Irak kemudian bermain semakin percaya diri. Pada menit ke-75, giliran strikernya Aymen Hussein yang mencatatkan namanya ke papan skor untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah tendangan kerasnya membuat Yazees memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Petaka bagi Irak karena setelah gol itu, mereka bermain dengan sepuluh pemain seusai pencetak gol Hussein mendapatkan kartu kuning kedua bagi sang striker. Keunggulan pemain pun dimanfaatkan dengan baik oleh Jordania. Pasukan Houcine Ammouta itu mengakhiri laga dengan kemenangan dramatis setelah Yazan Alarab (90+5’) dan Nizar Mahmoud (90+7’) mencetak gol pada menit-menit akhir.

Dengan kemenangan ini, Jordania melaju ke babak perempat final untuk kemudian menantang tim debutan Tajikistan pada Jumat (2/2) pukul 18.30 WIB di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar. Sementara itu, Irak yang melaju dengan sempurna di Grup D harus rela mengubur mimpinya untuk melaju lebih jauh di Piala Asia 2023.

Baca juga: Tajikistan lanjutkan kejutan dengan singkirkan UEA lewat adu penalti

Baca juga: Souq Waqif yang tetap klasik meski dikepung moderenisasi Doha

Baca juga: Timnas Indonesia tertinggal 0-2 dari Australia pada babak pertama

Susunan pemain kedua tim:

Irak: Jalal Hassan, Hussein Ali, Saad Natiq (Ali Adnan 72’), Rebin Sulaka, Ahmed Al-Hajjaj (Merchas Doski 54’), Osama Rashid (Mohanad Ali 63’), Amir Al Ammari, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim Elaibi, Youssef Amyn (Zidane Iqbal 54’), Aymen Hussein

Pelatih: Jesus Casas

Jordania: Yazees Abulaila, Salem Al Ajalin, Yazan Alarab, Abdallah Nasib, Mahmoud Al-Mardi, Rajaei Ayed (Saleh Rateb 90’), Nizar Mahmoud, Ehsan Haddad, Ali Olwan. Moussa Al-Taamari, Yazan Al-Naimat

Pelatih: Houcine Ammouta.

Baca Juga :  Liga Inggris : Chelsea kalahkan Luton Town 3-2

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Persib gagal pertahankan keunggulan dan ditahan imbang Barito Putera
Persib Bandung ditahan imbang Barito Putera
Tuchel: Saya bukan satu-satunya masalah di Muenchen
Jadi tuan rumah Liga 3, Persikota Tangerang ditargetkan juara
Persis Solo siap kalahkan Persik Kediri
Toni Kroos umumkan akan kembali perkuat timnas Jerman untuk Euro 2024
Arema FC kalahkan Rans Nusantara 3-2
Dua asisten pelatih asal Portugal mundur dari Arema FC

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 21:43 WIB

Kembang api seniman Jepang hias visual Jember Fashion Carnaval

Jumat, 23 Februari 2024 - 20:42 WIB

ONLEE siap jumpai Olee di Jakarta awal Maret

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:38 WIB

Krystal resmi bergabung dengan agensi Beasts & Natives

Jumat, 23 Februari 2024 - 16:37 WIB

S.Coups dan Jeonghan SEVENTEEN siap kembali beraktivitas usai hiatus

Jumat, 23 Februari 2024 - 15:37 WIB

Musim keempat serial “The Boys” tayang perdana 13 Juni 2024

Jumat, 23 Februari 2024 - 14:36 WIB

Penjualan gim “Elden Ring” tembus 23 juta kopi

Jumat, 23 Februari 2024 - 13:34 WIB

Adhya Pictures siap merilis film tentang sepak bola “Forza”

Jumat, 23 Februari 2024 - 12:33 WIB

Reality Club wakili Indonesia di SXSW Music Festival 2024

Berita Terbaru

TERKINI

KPU: Anggaran Sirekap akan dilaporkan dan diaudit BPK 

Jumat, 23 Feb 2024 - 23:04 WIB