New York terpilih untuk menyelenggarakan final Piala Dunia 2026

- Jurnalis

Senin, 5 Februari 2024 - 12:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Final Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di Stadion MetLife di New York/New Jersey, demikian diumumkan panitia penyelenggara FIFA pada Minggu (4/2) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Upaya New York menyelenggarakan laga pamungkas pada 19 Juli untuk pesta sepak bola dunia yang akan diselenggarakan di AS, Kanada, dan Meksiko itu mendapat tantangan kuat dari Dallas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kompetisi itu akan dimulai dengan pertandingan pembukaan di Stadion Azteca di Mexico City pada 11 Juni.

“Piala Dunia FIFA paling inklusif dan berdampak bukan lagi merupakan impian namun kenyataan yang akan berlangsung dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion luar biasa di Kanada, Meksiko, dan AS,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dikutip dari AFP.

“Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonis ke final spektakuler di New York New Jersey, para pemain dan penggemar telah menjadi inti dari rencana ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan… yang bukan hanya menetapkan rekor-rekor baru, namun juga meninggalkan warisan yang tidak terbantahkan” tambahnya.

Atlanta dan Dallas akan menjadi lokasi berlangsungnya laga-laga semifinal, sedangkan pertandingan perebutan peringkat ketiga akan dimainkan di Miami.

Pertandingan-pertandingan perempat final akan dimainkan di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston.

Total terdapat 16 kota di tiga negara yang akan menjadi tuan rumah dengan sebagian besar pertandingan akan dimainkan di AS.

Piala Dunia 1994 juga berlangsung di AS dan pertandingan final saat itu dimainkan di Rose Bowl di Pasadena, dekat Los Angeles.

Pada Piala Dunia 1994, pertandingan-pertandingan yang dimainkan di New York berlangsung di Stadion Giants yang kemudian dihancurkan untuk dibangun Stadion MetLife yang dibuka pada 2010.

Baca Juga :  Pioli akui Milan terlalu banyak buat kesalahan saat dikalahkan Monza

Keputusan itu diumumkan melalui siaran langsung televisi di Amerika Utara yang menampilkan Infantino bersama pelawak dan aktor Kevin Hart, penyanyi Drake, dan pesohor Kim Kardashian.

Stadion MetLife berkapasitas 82.500 penonton, melintasi Sungai Hudson dari New York di East Rutherford, New Jersey. Stadion itu merupakan kandang tim american football New York Giants dan New York Jets, namun stadion itu pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan sepak bola internasional, termasuk final Piala Amerika 2016.

New York telah berusaha keras melakukan lobi agar dapat menyelenggarakan laga final tersebut untuk menambah pengalaman kota itu dalam menjadi tuan rumah ajang-ajang internasional utama, sekaligus memperkuat posisi mereka sebagai kota global dengan koneksi transportasi yang mudah untuk para penonton.

Dallas pun berharap bahwa Stadion AT&T di Arlington, Texas, akan mendapat manfaat. Stadion itu sendiri merupakan kandang tim american football Dallas Cowboys.

Terdapat sejumlah kompensasi bagi Dallas dengan kota mereka mendapat jatah untuk memainkan sembilan pertandingan. Jumlah itu merupakan jumlah pertandingan terbanyak untuk satu kota.

Los Angeles juga sempat berusaha untuk dapat menyelenggarakan laga puncak, namun mereka terganjal dengan permintaan FIFA untuk melakukan sejumlah perubahan di Stadion SoFi.

Baca juga: FIFA umumkan jadwal pertandingan Piala Dunia 2026 pada 4 Februari

Azteca yang bersejarah

Azteca akan menjadi stadion pertama yang menjadi tuan rumah untuk tiga turnamen Piala Dunia dalam tiga edisi yang berbeda, setelah 1970 dan 1986. Stadion itu merupakan tempat berlangsungnya final pada turnamen 1970 dan 1986.

Piala Dunia 2026 akan berlangsung bertepatan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan AS ke-250.

Pertandingan putaran 16 besar akan berlangsung pada 4 Juli, hari kemerdekaan, di Philadelphia, di mana Deklarasi Kemerdekaan AS ditandatangani.
AS akan memulai fase grup kompetisi di Stadion SoFi di Los Angeles pada 12 Juni dan juga akan bermain di Seattle.

Baca Juga :  Munster tidak hiraukan statistik buruk Persebaya jelang lawan PSIS

Toronto terpilih untuk menjadi tuan rumah pertandingan pertama untuk timnas Kanada. Vamcouver merupakan kota Kanada lain yang akan menjamu pertandingan untuk timnas Kanada.

Ekspansi turnamen itu dari 32 tim menjadi 48 tim akan menambah jumlah pertandingan yang dimainkan sebanyak 24 laga. Sehingga total akan terdapat 104 pertandingan yang diselenggarakan di 16 lokasi.

Turnamen ini akan menggunakan format 12 grup berisi empat tim. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke fase gugur bersama delapan tim peringkat ketiga terbaik.
Dari sana, kompetisi akan memainkan fase gugur dengan para finalis akan memainkan total delapan pertandingan. Jumlah itu satu pertandingan lebih banyak dibandingkan format edisi sebelumnya.

Sebanyak 16 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 adalah Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver.

Baca juga: Federasi Sepak bola Peru pecat pelatih timnas Juan Reynoso

Baca juga: Messi belum tutup pintu untuk Piala Dunia 2026

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Elias Dolah kembali perkuat pertahanan Bali United hadapi PSM
Debut Widodo bersama Arema FC diwarnai dengan kemenangan 3-2 atas Rans
Hokky Caraka serahkan urusan pemanggilan ke timnas kepada PSS
Barito Putera tak masalah meski bermain kandang di luar Kalimantan
Aubameyang jadi raja gol Liga Europa
Persija takluk 0-1 dari Madura United
Hasil Liga Europa: duo Italia, AC Milan dan AS Roma lolos ke 16 besar
Bos Apple minta klub MLS pelajari “efek bisnis” Lionel Messi

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 13:34 WIB

Adhya Pictures siap merilis film tentang sepak bola “Forza”

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:33 WIB

“Avatar: The Last Airbender” mengakhiri penantian penggemar

Jumat, 23 Februari 2024 - 10:32 WIB

Choi Min-sik fokus wujudkan keseimbangan dalam akting di “Exhuma”

Jumat, 23 Februari 2024 - 09:31 WIB

Cha Eun-woo akan menyapa penggemar di Jakarta pada 20 April

Jumat, 23 Februari 2024 - 08:28 WIB

Pesan tentang etika dalam film “Sinden Gaib”

Jumat, 23 Februari 2024 - 06:27 WIB

Fakta film “Pemandi Jenazah”, pemeran jenazah diguyur jam dua pagi

Jumat, 23 Februari 2024 - 01:22 WIB

Serial film “Ratu Adil” akan tayang di Vidio

Jumat, 23 Februari 2024 - 00:21 WIB

Berakting di ‘Ratu Adil’, Dian Sastro dicekik stuntman dini hari

Berita Terbaru

BISNIS

DBMPR Jabar ungkap pembangunan Tol Getaci berprogres

Jumat, 23 Feb 2024 - 13:20 WIB