Kemeriahan Tahun Baru Imlek di Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung

- Jurnalis

Senin, 12 Februari 2024 - 05:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Sepasang barongsai muncul di tengah keramaian penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Whoosh, di Stasiun Halim pada perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu (10/2).

Libur panjang Tahun Baru Imlek dan Isra Mi’raj mendorong lonjakan penumpang hingga 50 persen yang ingin berlibur ke beberapa objek wisata di Bandung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Barongsai berwarna merah dan kuning mengelilingi setiap sudut stasiun, dimulai dari loket pemesanan tiket hingga menampilkan atraksi di peron tempat naik-turun penumpang. Suara iringan alat musik tradisional yang cukup keras berhasil menarik perhatian penumpang, terutama anak-anak kecil yang antusias memberikan angpau sebagai saweran.

Salah seorang penumpang Yuli mengaku menemani putrinya yang masih balita untuk mengambil gambar dengan barongsai. Dia dan empat anggota keluarganya pertama kali mencoba naik kereta cepat untuk merayakan libur panjang di Bandung.

“Kami masih punya waktu satu jam untuk menunggu sebelum keberangkatan, kehadiran barongsai ini sangat menarik,” kata dia saat ditemui di Stasiun Halim.

Cerita lainnya dari Iin, penumpang kereta yang sedang menyantap sarapan di sebuah gerai makanan di stasiun saat iring-iringan barongsai menghampirinya. Hiburan ini menemani waktu luang mereka sembari menunggu keberangkatan kereta.

Seperti halnya Yuli, Iin juga baru pertama kali mencoba kereta cepat. Biasanya dia berlibur ke Bandung menggunakan kendaraan pribadi yang membutuhkan waktu tiga jam, belum termasuk saat macet, sementara kereta cepat Whoosh hanya membutuhkan waktu 45 menit.

“Kami jalan-jalan pulang-pergi ke Bandung karena memang waktu perjalanan tidak sampai 1 jam, pergi pagi kemudian sore atau malam pulang lagi ke Jakarta,” kata Iin

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa menyebut hiburan barongsai adalah untuk menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi penumpang, khususnya pada momentum Tahun Baru Imlek. Pengelola juga membagikan jeruk kepada beberapa penumpang yang menggunakan pakaian merah.

Baca Juga :  Palestina desak Mahkamah Internasional hentikan pendudukan Israel

“Sebagai bentuk antisipasi, KCIC telah menambah perjalanan hingga totalnya mencapai 48 perjalanan per hari,” kata Eva dalam keterangannya.

Tahun 2024 menjadi tahun pertama kereta cepat merayakan Tahun Baru Imlek sejak diresmikan empat bulan lalu. Hiburan barongsai juga hadir di Stasiun Kereta Cepat Padalarang dan Tegalluar.

Eva menyebut jumlah penumpang meningkat saat libur panjang yang dimulai sejak libur nasional Isra Mikraj pada 8 Februari 2023. Total pemesanan tiket dalam lima hari hingga 11 Februari mencapai 86 ribu penumpang, meningkat 50 persen dibandingkan pekan sebelumnya, terutama puncaknya tercatat pada Kamis (8/2) yang mencapai 20 ribu penumpang dalam sehari.

“Sebagai bentuk antisipasi, KCIC telah menambah perjalanan hingga totalnya mencapai 48 perjalanan per hari,” kata Eva dalam keterangannya

Tingginya minat penumpang kereta salah satunya karena pengelola menawarkan tiket masuk gratis ke beberapa objek wisata populer di Bandung bagi pemegang tiket Whoosh. Salah satunya Yuli dan keluarganya yang ingin mencoba kereta cepat karena ada promosi tiket masuk gratis ke objek wisata Dusun Bambu.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Perayaan Festival Lampion digelar di kota berusia 1.000 tahun
Wahana pendarat milik perusahaan swasta AS mendarat di Bulan
Waralaba kopi asal China rambah pasar luar negeri
CSRC janjikan peningkatan standar pengawasan dan penindakan keras
Roket pengangkut satelit Queqiao-2 tiba di lokasi peluncuran
Pemenuhan hak Palestina yang menentukan nasib sendiri adalah kewajiban
Harga rumah di China terus merosot pada Januari 2024
Perusahaan China manfaatkan momentum RCEP untuk tingkatkan ekspor

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 08:45 WIB

16 besar Liga Europa: Liverpool dijajal Sparta, Roma diuji Brighton

Sabtu, 24 Februari 2024 - 07:41 WIB

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Februari 2024 - 06:41 WIB

MU dalam bahaya besar setelah Hojlund absen tiga pekan karena cedera

Sabtu, 24 Februari 2024 - 05:40 WIB

Bayer Leverkusen melanjutkan tren positif usai tumbangkan Mainz 2-1

Sabtu, 24 Februari 2024 - 04:38 WIB

Pelatih Persebaya maklumi kesalahan Paulo Henrique

Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:38 WIB

Nunez, Salah, dan Szoboszlai berpeluang tampil lawan Chelsea di final

Sabtu, 24 Februari 2024 - 02:37 WIB

Greenwood akan tolak pinangan Barcelona karena ingin kembali ke MU

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:35 WIB

Hokky tetap optimistis Garuda Muda tembus 8 besar Piala Asia U-23

Berita Terbaru

HIBURAN

Aruma bagikan perasaan sebagai penyanyi lewat EP Bertumbuh

Sabtu, 24 Feb 2024 - 10:00 WIB

TEKNO

Beredar kabar perangkat lipat Apple bukanlah iPhone

Sabtu, 24 Feb 2024 - 09:54 WIB