SIF luncurkan buku kolaborasi 230 seniman Arts for Good

- Jurnalis

Selasa, 30 Januari 2024 - 20:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Singapore International Foundation (SIF) meluncurkan buku Arts for Good: Uniting Communities, Driving Social Change pada Jumat, dalam rangka merayakan ulang tahun ke-8 inisiatif Arts for Good (A4G)

Dalam rilis SIF pada Senin (29/1) disampaikan bahwa publikasi ini menampilkan kompilasi 30 karya dari A4G Projects yang diselenggarakan SIF bersama 230 seniman dan kolaborator dari 66 negara dan hingga saat ini proyek ini telah berdampak positif bagi 37 ribu kehidupan di bidang inklusi, pemberdayaan, keberlanjutan, kesehatan mental dan pendidikan seni.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

CEO SIF Jean Tan mengatakan: “A4G menyadari bahwa seni bukan hanya bentuk hiburan atau ekspresi diri. Ini juga merupakan katalisator yang sangat kuat untuk perubahan sosial dan sarana untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan penuh kasih.”

“Kami berharap bahwa publikasi ini akan menginspirasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam misi SIF untuk menghubungkan masyarakat dan mewujudkan kolaborasi untuk perubahan sosial.” tambah Tan.

Salah satu proyek yang ditampilkan dalam publikasi ini adalah Music Project at Hope Learning Centre di Cisarua yang merupakan kolaborasi musisi Singapura dan Indonesia dengan pengungsi Afghanistan yang menyoroti kisah para pengungsi dan menyampaikan tema-tema kebebasan, harapan, dan kekuatan yang menunjukkan kekuatan transformatif dari musik untuk mempromosikan persatuan dan integrasi sosial, serta mengangkat kehidupan.

Selain itu ada proyek World Wisdom Map yang dipimpin Fellow A4G Deepak Ramola, Pendiri dan Direktur Artistik Project FUEL, sebuah perusahaan sosial dari India yang mendokumentasikan, merancang dan meneruskan kebijaksanaan manusia.

World Wisdom Map yang diluncurkan pada 2020 adalah peta digital interaktif yang mendokumentasikan pelajaran hidup dan cerita dari individu dari 195 negara yang bertujuan meningkatkan empati dan keterkaitan sambil menghilangkan prasangka, perbedaan budaya dan kelas.

Baca Juga :  Pelabuhan Horgos Xinjiang China bukukan ekspor 300 ribu unit kendaraan

Situs World Wisdom Map telah mencatat 17 ribu tampilan dalam tujuh bulan.

A4G diluncurkan pada tahun 2016 untuk memanfaatkan kekuatan seni dalam mengatasi isu-isu sosial, mendorong keterlibatan masyarakat, dan menginspirasi tindakan kolektif untuk perbaikan masyarakat.

Program ini terdiri dari dua komponen utama – A4G Fellowship dan A4G Projects. A4G Fellowship diselenggarakan setiap tahun untuk membangun komunitas pemimpin seni dan sektor sosial untuk menciptakan perubahan sosial yang positif.

“Hari ini, kita menghadapi banyak tantangan global termasuk populasi yang menua, krisis iklim, ketidaksetaraan, dan konflik internasional. Masalah-masalah ini tidak dapat diselesaikan oleh satu negara atau komunitas; ini mengharuskan kita untuk mengatur diri kita sendiri untuk bekerja sama mencari solusi bersama dan membentuk realitas baru.” ujar CEO SIF.

Hingga saat ini, jaringan alumni program ini terdiri dari 190 orang dari 28 negara. Proyek A4G mendukung inisiatif berbasis seni yang menciptakan dampak bagi komunitas dunia.

Para alumni menjelaskan bahwa program fellowship tersebut telah memberikan mereka sistem pendukung dan membuka pintu untuk kolaborasi internasional.

Mitra Project A4G selama bertahun-tahun telah mencakup British Council Singapore, Shanghai People’s Association for Friendship with Foreign Countries, dan Yayasan Bandung Philharmonic Indonesia.

SIF dibentuk untuk membangun hubungan yang berkelanjutan antara warga Singapura dengan komunitas dunia, dan memanfaatkan persahabatan tersebut untuk memperkaya kehidupan serta melakukan perubahan positif.

Program yang ditawarkan SIF menyatukan orang untuk berbagi ide, keterampilan, dan pengalaman di berbagai bidang seperti perawatan kesehatan, pendidikan, seni dan budaya serta mata pencaharian dan bisnis.

Arts for Good: Uniting Communities, Driving Social Change akan tersedia untuk diunduh dari https://www.sif.org.sg/-/media/A4G%202024/SIF_R5 mulai tanggal 26 Januari 2024, pukul 12.00 siang (waktu Singapura). Salinan fisik publikasi ini akan tersedia di kemudian hari.

Baca Juga :  PBB sebut "harapan sirna" setelah Israel kembali serang Gaza

Baca juga: KBRI Singapura anugerahkan Adinata Award 2022 kepada SIF

Baca juga: “Mengayu” raih pendanaan dari Singapura


 

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Arie Novarina
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

CSRC janjikan peningkatan standar pengawasan dan penindakan keras
Roket pengangkut satelit Queqiao-2 tiba di lokasi peluncuran
Pemenuhan hak Palestina yang menentukan nasib sendiri adalah kewajiban
Harga rumah di China terus merosot pada Januari 2024
Perusahaan China manfaatkan momentum RCEP untuk tingkatkan ekspor
Kamboja minta dukungan global lebih besar capai target bebas ranjau
Kemenhan Rusia sebut Ukraina kehilangan 2.900 tentara di arah Avdiivka
Kaisar Jepang sampaikan duka cita bagi korban gempa bumi

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 07:41 WIB

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Februari 2024 - 05:40 WIB

Bayer Leverkusen melanjutkan tren positif usai tumbangkan Mainz 2-1

Sabtu, 24 Februari 2024 - 04:38 WIB

Pelatih Persebaya maklumi kesalahan Paulo Henrique

Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:38 WIB

Nunez, Salah, dan Szoboszlai berpeluang tampil lawan Chelsea di final

Sabtu, 24 Februari 2024 - 02:37 WIB

Greenwood akan tolak pinangan Barcelona karena ingin kembali ke MU

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:35 WIB

Hokky tetap optimistis Garuda Muda tembus 8 besar Piala Asia U-23

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:34 WIB

Divaldo Alves nilai imbang lawan Persebaya sebagai hasil yang adil

Jumat, 23 Februari 2024 - 23:33 WIB

Persib gagal pertahankan keunggulan dan ditahan imbang Barito Putera

Berita Terbaru

BOLA

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Feb 2024 - 07:41 WIB