Aktor Lukman Sardi sebut manfaat dari lokakarya akting sebelum syuting

- Jurnalis

Senin, 5 Februari 2024 - 20:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Aktor senior Lukman Sardi menyebut manfaat dari lokakarya (workshop) akting yang digelar sebelum syuting film horor “Kuasa Gelap” adalah memberikan kemampuan menginterpretasikan adegan terkait tokoh Romo Rendra dalam jalan cerita yang dibangun oleh sutradara.

“Kalau aku boleh menilai sedikit, memang Romo Rendra ini lebih senior dan cukup menjalani banyak hal di pengusiran setan (eksorsisme). Lalu Romo Rendra ini mencoba membuat regenerasi melalui karakter Romo Thomas (diperankan oleh Jerome Kurnia),” kata Lukman saat konferensi pers film horor terbaru Produksi Ideosource Entertainment dan Paragon Pictures di Jakarta Selatan, Senin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lukman mengatakan adanya lokakarya (workshop) para aktor yang dilakukan dengan bimbingan pastor membuat para aktor dan aktris dalam film “Kuasa Gelap” bisa menginterpretasikan ritual pengusiran setan yang terjadi pada keadaan yang sebenarnya.

Selain itu, proses membaca naskah (reading) dan diskusi secara bersama-sama dan dengan intens membahas setiap adegan terkait jalan cerita dan latar belakang karakter turut mempengaruhi interpretasi tersebut.

Baca juga: Freya JKT48 debut akting di layar sinema film horor “Kuasa Gelap”

Lukman mencontohkan, ketika pastor pembimbing menginformasikan bahwa ada penelaahan yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh Romo, sewaktu ada orang yang mau datang berobat kepadanya.

“Kata Romo, dia tidak bisa langsung menerima, langsung klaim kalau kejadian itu pasti ulah setan, tidak bisa. Karena dia perlu menelaah dulu, bisa jadi itu bukan masalah eksorsisme, tapi masalah psikologis,” kata Lukman.

Dengan lokakarya akting, maka adegan terkait Romo Rendra dalam “Kuasa Gelap” diharapkan dapat lebih diterima oleh penonton film tersebut.

Demikian juga setiap pemeran dalam film tersebut, menurut Lukman, mereka pasti menjadi tahu tentang tanggung jawabnya sendiri-sendiri terkait adegan bagaimana yang bisa membangun perasaan saling terhubung antara tokoh di cerita filmnya dengan penonton.

Baca Juga :  Pertama di dunia, taman bertema Zootopia ada di Shanghai Disney Resort

Sehingga pesan di dalam film tersebut mampu tersampaikan dengan baik.

Baca juga: Film horor Indonesia menarik di pasar film internasional

Film “Kuasa Gelap” juga menjadi debut akting anggota grup idola dari generasi ketujuh JKT48 Raden Rara Freyanashifa Jayawardana atau akrab dipanggil Freya di layar sinema.

“Freya JKT48 akan memerankan tokoh Cilla,” kata Produser film “Kuasa Gelap” Robert Ronny.

​​​Robert mengatakan pihaknya memang sengaja mengundang bintang-bintang film muda baru untuk meregenerasi sumber daya perfilman tanah air guna mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

 

“Di film ini selain Freya, juga ada Lea Ciarachel yang ikut berperan. Lea ini sudah kami ikutkan casting film ini dari dua tahun lalu untuk memerankan tokoh Kayla,” kata Robert.

 

Robert optimistis Lea dan Freya dapat memberikan nuansa segar dan dapat menjadi bagian penting dalam industri film Indonesia ke depannya karena bakat akting mereka yang luar biasa.

Setelah pengumuman perdana pada Mei 2023, film ‘Kuasa Gelap,’ akan segera memulai proses pengambilan gambar pada 10 Februari 2024 di sekitaran Jabodetabek dan sekitarnya.

 

Dengan arahan sutradara Bobby Prasetyo, ‘Kuasa Gelap’ akan mengangkat tema eksorsisme dengan latar belakang agama Katolik, mengisahkan perjalanan seorang pastor yang meragukan imannya dan mendapati dirinya harus terlibat dalam pengusiran setan yang menguasai seorang remaja.

 

Bobby kepada wartawan di kawasan Kemang, Jakarta, memastikan karakter Cilla yang diperankan Freya JKT48 tidak akan mendapat bagian peran dikuasai setan (kerasukan) dalam film ini.

Saat pengumuman pada Mei 2023 lalu, film ‘Kuasa Gelap’ menggaet tiga aktor ternama, yakni Jerome Kurnia (memerankan Romo Thomas), Lukman Sardi (memerankan Romo Rendra), dan Astrid Tiar (memerankan seorang ibu yang bernama Maya).

Baca Juga :  Doja Cat umumkan konser tur di Amerika Serikat

 

Produser film “Kuasa Gelap” Arvin Sutedja mengatakan kisah film ‘Kuasa Gelap’ itu terinspirasi dari kisah nyata pengusiran setan (eksorsisme) di Indonesia.

 

Karena itu, tahap produksi film, mulai dari riset, pengembangan naskah, persiapan syuting, hingga proses pengambilan gambar dilakukan lewat serangkaian tahapan autentikasi dengan cerita sebenarnya, penjagaan terjemahan bahasa latin, dan lain-lain.

Mulai dari ke Pontianak, Kalimantan Selatan untuk menghadiri konferensi eksorsisme pertama di Indonesia, observasi dengan mempelajari ritual eksorsisme di Solo, serta melakukan audiensi dengan Keuskupan Agung Jakarta dalam persiapan praproduksi.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Franki “Pepeng” Indrasmoro debut jadi solois lewat “Ceriakan Dunia”
Dian Satro di ‘Ratu Adil’, belajar menembak demi jadi ibu yang bengis
Ballistik Boyz kembali dengan album ketiganya Back&Forth
Kembang api seniman Jepang hias visual Jember Fashion Carnaval
ONLEE siap jumpai Olee di Jakarta awal Maret
Krystal resmi bergabung dengan agensi Beasts & Natives
S.Coups dan Jeonghan SEVENTEEN siap kembali beraktivitas usai hiatus
Musim keempat serial “The Boys” tayang perdana 13 Juni 2024

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 08:31 WIB

Waralaba kopi asal China rambah pasar luar negeri

Sabtu, 24 Februari 2024 - 06:28 WIB

Roket pengangkut satelit Queqiao-2 tiba di lokasi peluncuran

Sabtu, 24 Februari 2024 - 05:28 WIB

Pemenuhan hak Palestina yang menentukan nasib sendiri adalah kewajiban

Sabtu, 24 Februari 2024 - 04:26 WIB

Harga rumah di China terus merosot pada Januari 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:26 WIB

Perusahaan China manfaatkan momentum RCEP untuk tingkatkan ekspor

Sabtu, 24 Februari 2024 - 02:24 WIB

Kamboja minta dukungan global lebih besar capai target bebas ranjau

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:23 WIB

Kemenhan Rusia sebut Ukraina kehilangan 2.900 tentara di arah Avdiivka

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:22 WIB

Kaisar Jepang sampaikan duka cita bagi korban gempa bumi

Berita Terbaru

DUNIA

Waralaba kopi asal China rambah pasar luar negeri

Sabtu, 24 Feb 2024 - 08:31 WIB

BOLA

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Feb 2024 - 07:41 WIB