Festival MudaBerdaya, misi anak muda jadi lebih berlogika

- Jurnalis

Senin, 29 Januari 2024 - 01:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Kehidupan anak muda saat ini menampilkan transformasi yang signifikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perubahan tersebut mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari teknologi, gaya hidup, hingga nilai-nilai yang dianut.

Anak muda saat ini bergelut dengan berbagai isu, mulai dari identitas diri, kesehatan mental, defisit literasi, hingga persoalan relasi sosial dan empati, isu-isu yang mungkin belum pernah di bahas pada anak muda generasi jauh sebelumnya.

Berangkat dari fenomena ini, MudaBerdaya, yang memiliki visi untuk menghasilkan anak muda Indonesia yang “Berdaya Sejak Muda”, menggagas Festival MudaBerdaya 2024 di Auditorium Sanctuary, Menara Kuningan Jakarta, Sabtu 27 Januari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Latar belakang dari event ini sendiri sebenarnya kami melihat keresahan terhadap anak muda saat ini, terutama gen Z, dimana memang banyak sekali isu-isu yang terjadi terkait dengan bagaimana cara berpikir anak muda zaman sekarang, kurangnya empati, dan juga rasa sosial, bagaimana mereka juga bisa kurang berpikir kritis,” ujar Co Founder Muda Berdaya Ryan Batchin di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Festival MudaBerdaya eksplorasi akal pemikiran, nalar dan logika

Keresahan tersebut yang akhirnya membuat perusahaan pemberdayaan anak muda yang bergerak di bidang pendidikan, etika, filsafat, kreativitas, dan entrepreneurship tersebut menggelar acara ini.

Pameran dan festival perdana dari MudaBerdaya itu sejatinya adalah perayaan tentang akal pemikiran, nalar dan logika. Beragam tema akan dibahas selama acara itu, seperti “Cinta dan Perbudakannya”, “Tirani Asumsi”, “Penjajahan dalam Pikiran”, “Hidup yang Egois” hingga “Hustle Culture”.

 

Festival MudaBerdaya, yang digelar di Auditorium Sanctuary, Menara Kuningan, Jakarta, Sabtu (27/1/2024). Rumah Bicara/Pamela Sakina/am.





Menghadirkan Narator yang tepat

Panggung Festival MudaBerdaya akan menampilkan sejumlah narator yang mumpuni di bidangnya, antara lain Rocky Gerung, Raditya Dika, Kang Maman, Ferry Irwandi, Bhante Dhirapuñño, Guru Gembul, Iyas Lawrence, Maya Hasan, Patra Gumala, Cania Citta, dan Fauzan Al Rasyid.

Baca Juga :  RIIZE gambarkan kegembiraan hingga kenangan lewat "Memories"

Festival MudaBerdaya ingin membangun literasi dan membahas tentang keresahan, fenomena, realitas dan segala permasalahan nyata yang dialami anak-anak muda di era saat ini.

Melalui acara itu, diharapkan anak muda bisa mendapat penalaran yang sehat berbasis filsafat, pengetahuan, etika dan moral.

Acara Festival MudaBerdaya yang terbuka bagi setiap anak muda ini bertujuan mengembangkan diri tiap insan muda menjadi pribadi yang cerdas secara intelektual serta memiliki kepribadian, mental dan spiritualitas yang kuat.

“Sehingga bisa membuat dampak setidaknya untuk diri sendiri bagi yang berpartisipasi, kita juga berharap dengan ini anak-anak muda di Indonesia bisa memiliki nalar, logika, dan kesadaran lebih untuk masa depannya,” imbuh Ryan.

 

Para anak muda menghadiri Festival MudaBerdaya, yang digelar di Auditorium Sanctuary, Menara Kuningan, Jakarta, Sabtu (27/1/2024). Rumah Bicara/Pamela Sakina/am.





Baca juga: Wali Kota Denpasar: D’Youth Fest beri ruang kolaborasi anak muda

Antusias Anak Muda

Di balik isu-isu dan segala permasalahan yang terjadi di generasi muda saat ini, nyatanya, mereka masih memiliki semangat untuk memperbaiki diri, membuka diri untuk menyerap lebih banyak ilmu pengetahuan, salah satunya dengan berpartisipasi festival MudaBerdaya.

“Penasaran karena narator-naratornya hebat-hebat dan mereka berwawasan banget. Usia seperti kita ini memang butuh banget pandangan lebih luas, yang logis. Mereka adalah sosok yang tepat untuk bisa memberikan sudut pandang yang baru, yang unik, yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya,” kata seorang pemuda 23 tahun yang ikut serta dalam festival, Naufal.

“Kita kan punya cara pikir yang beda-beda, dan itu yang perlu kita olah lebih dalam, dan dari narasumber ini juga kita jadi tahu nih misalnya, ‘oh iya ya sebenarnya pendapat dia bukan berarti salah’ Jadi kita juga perlu evaluasi lagi pandangan kita sendiri, caranya dengan lebih banyak mengetahui pola pikir orang lain yang jauh lebih luas,” ujar anak muda lain bernama Hazar, 22 tahun.

Baca Juga :  Ratusan seniman tampil di pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara

Anak muda saat ini menunjukkan semangat yang luar biasa dalam mengeksplorasi dunia, mengembangkan diri, dan mengejar pengetahuan. Mereka tidak hanya terpaku pada kenyamanan, tetapi juga memiliki dorongan kuat untuk memahami dunia secara lebih luas. Festival ini, menjadi wahana yang tepat bagi mereka untuk mencapai pengembangan diri tersebut.

 

Bimbingan dan konsultasi yang dilakukan lembaga penyedia beasiswa pada Festival MudaBerdaya, yang digelar di Auditorium Sanctuary, Menara Kuningan, Jakarta, Sabtu (27/1/2024). Rumah Bicara/Pamela Sakina/am.





Festival yang juga jembatani pendidikan

Festival MudaBerdaya tidak hanya sekedar basa basi atau membiarkan anak muda mendengarkan paparan dari narator, namun juga menjembatani mereka untuk meraih pendidikan yang semakin tinggi.

Pada gelaran ini, MudaBerdaya menghadirkan lima lembaga beasiswa pendidikan luar negeri yang terdiri dari Nuffic Southeast Asia, Erasmus, Institut Francais d’Indonesie, Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), dan Beasiswa Korea.

“Kami melibatkan mereka disini bukan hanya sekedar presentasi tetapi juga kita membuka sesi mentoring atau bimbingan, terutama untuk anak muda yang hadir sehingga mereka bisa secara intensif konsultasi dengan para lembaga beasiswa, untuk mengetahui strategi mendapat beasiswa luar negeri,” Ryan menjelaskan.

Persiapan menuju Indonesia Emas 2030-2045

Pada tahun 2045 sebagai puncaknya, Indonesia akan berusia emas 100 tahun dan mendapatkan bonus demografi, di mana 70 persen penduduknya dalam usia produktif (15-64 tahun). Dominasi usia produktif tersebut juga telah dimulai sejak 2030.

Jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan dengan baik akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial seperti kemiskinan, kesehatan yang rendah, pengangguran, hingga tingkat kriminalitas yang tinggi.

Festival pemberdayaan anak muda mungkin terdengar sepele, namun merupakan suatu cara yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Sejumlah alasan mengapa festival pemberdayaan anak muda penting untuk mencapai tujuan tersebut antara lain menggali potensi dan bakat yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia melalui berbagai kompetisi, workshop, dan kegiatan lainnya, festival ini dapat membantu mengidentifikasi dan mengembangkan bakat serta keterampilan yang dimiliki oleh anak muda.

Baca Juga :  RIIZE ungkap nama klub penggemar 

Festival seperti ini juga dapat menjadi ajang penyuluhan dan pendidikan bagi anak muda, memberikan dorongan kuat bagi kreativitas dan inovasi, membangun kepemimpinan dan karakter, mendorong semangat kewirausahaan, meningkatkan keterlibatan sosial, hingga menciptakan kesempatan untuk membangun jaringan dan kolaborasi antara anak muda dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu.

Baca juga: UMKM naik kelas dengan inovasi anak muda dan digitalisasi

Baca juga: Festival Lead the Fest ajak anak muda pikirkan kepemimpinan bangsa

Baca juga: Anak muda bermain silat Betawi dalam Festival Condet

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Franki “Pepeng” Indrasmoro debut jadi solois lewat “Ceriakan Dunia”
Dian Satro di ‘Ratu Adil’, belajar menembak demi jadi ibu yang bengis
Ballistik Boyz kembali dengan album ketiganya Back&Forth
Kembang api seniman Jepang hias visual Jember Fashion Carnaval
ONLEE siap jumpai Olee di Jakarta awal Maret
Krystal resmi bergabung dengan agensi Beasts & Natives
S.Coups dan Jeonghan SEVENTEEN siap kembali beraktivitas usai hiatus
Musim keempat serial “The Boys” tayang perdana 13 Juni 2024

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 23:46 WIB

Dian Satro di ‘Ratu Adil’, belajar menembak demi jadi ibu yang bengis

Jumat, 23 Februari 2024 - 22:44 WIB

Ballistik Boyz kembali dengan album ketiganya Back&Forth

Jumat, 23 Februari 2024 - 21:43 WIB

Kembang api seniman Jepang hias visual Jember Fashion Carnaval

Jumat, 23 Februari 2024 - 20:42 WIB

ONLEE siap jumpai Olee di Jakarta awal Maret

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:38 WIB

Krystal resmi bergabung dengan agensi Beasts & Natives

Jumat, 23 Februari 2024 - 16:37 WIB

S.Coups dan Jeonghan SEVENTEEN siap kembali beraktivitas usai hiatus

Jumat, 23 Februari 2024 - 15:37 WIB

Musim keempat serial “The Boys” tayang perdana 13 Juni 2024

Jumat, 23 Februari 2024 - 14:36 WIB

Penjualan gim “Elden Ring” tembus 23 juta kopi

Berita Terbaru

TERKINI

Imigrasi Batam deportasi buron asal Jepang

Sabtu, 24 Feb 2024 - 02:07 WIB