Permintaan logistik meningkat, inDrive kembangkan layanan dukung UMKM

- Jurnalis

Rabu, 31 Januari 2024 - 03:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Platform layanan mobilitas dan perkotaan global inDrive berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkait popularitas pengiriman barang berbasis aplikasi yang terus, meningkat seiring dengan semakin banyak orang yang menemukan kenyamanan dan kemudahan penggunaan metode ini.

Dalam sebuah sesi bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta, Selasa, Business Development Specialist – Courier SEA inDrive Harris Rilandi menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui layanan inovatif inDrive. 

“inDrive berkomitmen untuk menjadi fasilitator pertumbuhan ekonomi dan pendukung pengembangan usaha kecil. Kami akan terus mengoptimalkan platform ini agar memberikan manfaat maksimal bagi UMKM. Bersama inDrive, kami berharap UMKM dapat tumbuh dan berkembang, menjadi kekuatan ekonomi yang semakin tangguh di masa depan,” papar dia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Baca juga: InDrive kembangkan ekosistem startup Indonesia lewat program UpDrive

Menurut Harris, pihaknya optimistis dengan hadirnya inDrive di Indonesia dapat menjadi warna tersendiri terhadap industri logistik. Selain kecepatan, inDrive Kurir & inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan melakukan negosiasi secara langsung dengan kurir.

“Harga yang adil itu bukan sesuatu angan-angan. Harga yang dapat disetujui adalah kenyataan yang bisa dilakukan di inDrive Kurir dan inDrive Truk,” katanya.

 

Business Development Specialist – Courier SEA inDrive Harris Rilandi menyampaikan pemaparan dalam acara bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta, Selasa (30/1). (Rumah Bicara/Ahmad Faishal)

Harris menjelaskan bahwa layanan inDrive Kurir dan inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir, lanjut dia, akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh. Kemudian, pengguna dapat melacak pesanan mereka di aplikasi untuk memastikan paket mereka dikirim sesuai rencana.

Baca Juga :  Google Bard bawa fitur Respond in Real Time dan Skip Response

inDrive Truk adalah layanan pengiriman sesuai permintaan dan pada hari yang sama untuk pengiriman lebih dari 20 kilogram. inDrive Truk dapat menerima barang non-cair mulai dari 20 kilogram hingga 20 ton pada rute jarak jauh dalam kota dan antarkota. Layanan ini menargetkan perusahaan kecil dan menengah, seperti kafe dan toko, serta perusahaan industri kecil (seperti pabrik dan perusahaan konstruksi), pusat logistik dan gudang.

Baca juga: inDrive komitmen perkuat bisnis di Indonesia

Andersson Watulingas selaku Business Development Cargo SEA&O inDrive mengatakan, pada saat ini layanan inDrive berfokus di sejumlah kota seperti Palembang, Makassar, dan Malang dengan pertimbangan bahwa ketiga wilayah tersebut masuk ke dalam enam kota besar di Indonesia dengan torehan Produk Domestik Bruto (PDB) dan potensi bisnis yang cukup besar.

“Di Palembang dan Makassar banyak industri seperti manufaktur, otomotif, dan kreatif yang membutuhkan jasa pengiriman besar seperti truk. Terlebih Makassar sendiri merupakan pintu dari Indonesia Timur menuju kota-kota lain di Pulau Sulawesi. Begitu juga di daerah Palembang yang memiliki port besar dan akses untuk pengembangan bisnis jasa kargo,” tutur Andersson.

Business Development Cargo SEA&O inDrive Andersson Watulingas menyampaikan pemaparan dalam acara bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta, Selasa (30/1). (Rumah Bicara/Ahmad Faishal)

Sedangkan di Kota Malang, Andersson melanjutkan, layanan inDrive Truk akan banyak digunakan untuk aktivitas pindah lokasi menetap.

“Di Malang banyak mahasiswa atau pelajar yang menggunakan jasa pengiriman menggunakan inDrive Truk untuk mendapatkan harga yang lebih murah, terjangkau, dan aman. Tidak dimungkiri, UMKM di Malang sangat banyak dan mereka tidak hanya menggunakan inDrive Truk namun juga inDrive Kurir,” jelas dia.

Sesi “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” juga menjadi ajang untuk membina kemitraan dan kolaborasi yang erat antara inDrive, UMKM, dan para pakar industri terkait. Turut hadir dalam acara tersebut Raymond Eka Putra selaku Sales Team Lead SEA Region Courier inDrive dan Harris Sofyan Hardwin sebagai Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (AKUMINDO).

Baca Juga :  Pengembangan LLM bahasa Indonesia bisa kurangi bias penggunaan AI

Baca juga: inDrive dan IVITECH.Drive luncurkan program motor listrik untuk mitra

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Wamenkominfo nilai humas pemerintah perlu bangun strategi komunikasi
Komite independen awasi implementasi Perpres “Publisher Rights”
Wamenkominfo sampaikan peran program DLA cetak pemimpin digital
Itjen Kemenkominfo adopsi transformasi digital lakukan pengawasan
Itjen Kominfo awasi 17 program prioritas senilai Rp7,9 triliun di 2023
Menkominfo tutup perayaan Natal 2023 dengan berbagi kebahagiaan
Gim “Mortal Kombat 1” bakal hadirkan fitur bermain lintas platform
Kemendag sebut migrasi sistem TikTok-Tokopedia sesuai target

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 07:41 WIB

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Februari 2024 - 05:40 WIB

Bayer Leverkusen melanjutkan tren positif usai tumbangkan Mainz 2-1

Sabtu, 24 Februari 2024 - 04:38 WIB

Pelatih Persebaya maklumi kesalahan Paulo Henrique

Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:38 WIB

Nunez, Salah, dan Szoboszlai berpeluang tampil lawan Chelsea di final

Sabtu, 24 Februari 2024 - 02:37 WIB

Greenwood akan tolak pinangan Barcelona karena ingin kembali ke MU

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:35 WIB

Hokky tetap optimistis Garuda Muda tembus 8 besar Piala Asia U-23

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:34 WIB

Divaldo Alves nilai imbang lawan Persebaya sebagai hasil yang adil

Jumat, 23 Februari 2024 - 23:33 WIB

Persib gagal pertahankan keunggulan dan ditahan imbang Barito Putera

Berita Terbaru

BOLA

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Feb 2024 - 07:41 WIB