Studi inDrive ungkap pengguna jasa kurir reguler utamakan kecepatan

- Jurnalis

Rabu, 31 Januari 2024 - 02:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumah Bicara) – Riset pasar terbaru yang dilakukan oleh inDrive Kurir mengungkapkan bahwa kecepatan pengiriman barang (55%), harga terjangkau (37%), dan kualitas layanan (33%) merupakan fitur yang paling diminati dalam layanan pengiriman dengan satu fakta menarik bahwa hanya sebanyak 15 persen responden memilih kecepatan penjemputan barang sebagai kualitas utama mereka, sementara kemampuan dalam memantau lokasi kurir menempati urutan keempat dengan 28 persen.

Hasil studi tersebut mengacu pada survei terhadap 335 responden di Indonesia pada Agustus 2023 di kalangan pengguna jasa kurir reguler.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mencermati hal tersebut, Business Development Specialist – Courier SEA inDrive Harris Rilandi dalam sesi diskusi bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta mengungkapkan, pihaknya percaya bahwa layanan pengiriman berbasis aplikasi kini menjadi semakin populer karena fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Baca juga: Seni mural berkonsep “Sentuhan Manusia” hadir di Terowongan Kendal

“Tidak perlu terikat kontrak atau mempekerjakan pengemudi penuh waktu. Kemunculan aplikasi pengiriman ini benar-benar mengubah permainan dan membuat pengiriman menjadi jauh lebih mudah diatur serta lebih terjangkau, serta sangat penting bagi small business yang beroperasi dengan margin keuntungan yang lebih ketat,” buka Harris.

Hingga saat ini, semakin banyak pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi pengiriman barang. Di Indonesia, layanan kurir biasanya digunakan untuk pengiriman pribadi seperti mengirim dan menerima parsel untuk atau dari keluarga ataupun teman, serta pengiriman untuk pembelian dari pelaku bisnis kepada konsumen.

Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa setiap pengguna ketiga (35%) dari aplikasi pengiriman barang, menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan bisnis setidaknya dua kali dalam seminggu, seperti mengirim produk ke klien atau menerima barang dari pemasok mereka.

Baca Juga :  GEAR VLab meluncur bantu lembaga pendidikan adopsi teknologi digital

Berdasarkan wilayah, pengiriman melalui aplikasi dapat menawarkan kemudahan melalui beberapa pilihan mode, dari mobil atau sepeda motor, hingga sepeda ataupun berjalan kaki. Karena itu pengguna dapat memilih mode yang termurah dan tercepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia, pengguna mobil (58%) dan sepeda motor (37%) merupakan mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk mengirim paket. Sebanyak setengah dari responden juga setuju untuk menghindari pengiriman paket dengan berjalan kaki karena lokasi pengiriman yang beragam.

Ketika responden ditanya mengapa mereka memilih untuk mengirim paket melalui layanan pengiriman berbasis aplikasi, responden paling sering menjawab efisiensi dengan diikuti oleh opsi kecepatan. Sebagai contoh, pengiriman kurir biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit (lebih cepat daripada negara lain) untuk mengambil pesanan, menurut data inDrive.

Harris Rilandi menambahkan bahwa pandemi COVID turut memberikan dorongan yang positif untuk kemajuan pengiriman berbasis aplikasi.

“Dengan adanya pandemi yang pada awalnya memberikan dorongan luar biasa bagi pengiriman berbasis aplikasi, maka kenyamanan dan kemudahan penggunaannya telah menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti yang ditegaskan oleh penelitian kami. Permintaan akan pengiriman berbasis aplikasi ini terus meningkat dan menjadi waktu yang menyenangkan untuk berada di industri ini,” papar dia.

inDrive Kurir & inDrive Truk adalah layanan untuk memenuhi semua kebutuhan dalam membantu masyarakat dan bisnis untuk melakukan pengiriman pada hari yang sama disesuaikan dengan permintaan. Melalui layanan ini, pengguna dapat memesan kurir hanya dengan beberapa klik di aplikasi inDrive.

Baca juga: Permintaan logistik meningkat, inDrive kembangkan layanan dukung UMKM

Baca juga: InDrive kembangkan ekosistem startup Indonesia lewat program UpDrive

Baca juga: inDrive komitmen perkuat bisnis di Indonesia

Baca Juga :  Robot Ballie Samsung jadi proyektor yang mengikuti pemiliknya

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © Rumah Bicara 2024

Sumber : www.antaranews.com

Berita Terkait

Wamenkominfo nilai humas pemerintah perlu bangun strategi komunikasi
Komite independen awasi implementasi Perpres “Publisher Rights”
Wamenkominfo sampaikan peran program DLA cetak pemimpin digital
Itjen Kemenkominfo adopsi transformasi digital lakukan pengawasan
Itjen Kominfo awasi 17 program prioritas senilai Rp7,9 triliun di 2023
Menkominfo tutup perayaan Natal 2023 dengan berbagi kebahagiaan
Gim “Mortal Kombat 1” bakal hadirkan fitur bermain lintas platform
Kemendag sebut migrasi sistem TikTok-Tokopedia sesuai target

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 07:41 WIB

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Februari 2024 - 05:40 WIB

Bayer Leverkusen melanjutkan tren positif usai tumbangkan Mainz 2-1

Sabtu, 24 Februari 2024 - 04:38 WIB

Pelatih Persebaya maklumi kesalahan Paulo Henrique

Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:38 WIB

Nunez, Salah, dan Szoboszlai berpeluang tampil lawan Chelsea di final

Sabtu, 24 Februari 2024 - 02:37 WIB

Greenwood akan tolak pinangan Barcelona karena ingin kembali ke MU

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:35 WIB

Hokky tetap optimistis Garuda Muda tembus 8 besar Piala Asia U-23

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:34 WIB

Divaldo Alves nilai imbang lawan Persebaya sebagai hasil yang adil

Jumat, 23 Februari 2024 - 23:33 WIB

Persib gagal pertahankan keunggulan dan ditahan imbang Barito Putera

Berita Terbaru

BOLA

PSIS bermain seri 1-1 lawan Dewa United

Sabtu, 24 Feb 2024 - 07:41 WIB