Kasal sambut kepulangan Satgas MTF TNI XXVIII-N UNIFIL di Jakarta

- Jurnalis

Selasa, 6 Februari 2024 - 14:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (Rumahbicara.com) – Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menyambut langsung kepulangan 119 prajurit TNI AL yang tergabung dalam pasukan misi perdamaian PBB di Lebanon (Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-N UNIFIL) di Jakarta, Selasa.

Laksamana Ali menyampaikan kepada mereka rasa bangganya karena 119 prajurit itu berhasil menunaikan tugas mereka sebagai pasukan perdamaian PBB mewakili Indonesia di Lebanon.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Seluruh Kontingen MTF (Maritime Task Force) KONGA (Kontingen Garuda) TNI XXVIII-N UNIFIL, terutama pada komandan kontingen dan komandan KRI Frans Kaisiepo-368, saya atas nama pribadi dan atas nama seluruh prajurit TNI Angkatan Laut mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kinerja kalian,” kata Laksamana Ali selepas membacakan sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat upacara penyambutan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta.

Laksamana Ali menyebut para prjaurit TNI AL itu berhasil menunaikan tiga fungsi TNI AL, yaitu fungsi pertahanan (military), fungsi penegakan hukum (constabulary), dan fungsi diplomasi.

“Itu telah kalian tunjukkan dengan penuh kebanggaan dan dedikasi yang tinggi. Sekali lagi, saya atas nama pribadi dan seluruh prajurit TNI AL mengucapkan selamat datang kembali ke Tanah Air. Selamat bertemu dengan keluarga,” kata Laksamana Ali dalam sambutannya saat upacara.

Terakhir, dia pun mempersilakan para komandan mengatur cuti jajarannya di Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-N UNIFIL sehingga mereka dapat berkumpul lebih lama dengan keluarga masing-masing setelah terpisah selama 14 bulan.

“Silakan diatur untuk masa cuti kalian,” kata Kasal ke Komandan Satgas (Dansatgas) MTF TNI KONGA XXVIII-N UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh.

Baca Juga :  Ganjar Pranowo komitmen beri hak pelamar kerja secara adil

Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI KONGA XXVIII-N UNIFIL memulai pengabdian mereka sebagai pasukan perdamaian PBB pada 1 Desember 2022 ketika kapal perang yang mengangkut mereka KRI Frans Kaisiepo-368 meninggalkan Tanah Air menuju Lebanon.

Dalam masa penugasannya itu, prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas MTF XXVIII-N UNIFIL itu berhasil menyelamatkan 232 pengungsi yang kapalnya tenggelam di Laut Mediterania.

Kesigapan dan keberhasilan Satgas MTF itu kemudian diapresiasi oleh Komandan Pasukan Misi Perdamaian UNIFIL Mayjen Aroldo Lazaro. Dia memberikan surat resmi yang berisi pujian (letter of commendation) atas kepemimpinan, dedikasi, dan sikap profesional Satgas MTF TNI XXVIII-N UNIFIL.

Tidak hanya itu, Satgas MTF XXVIII-N UNIFIL juga menerima letter of outstanding service, medali dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, medali perdamaian dan duta budaya dari Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon, dan tanda jasa dari Pemerintahan Lebanon LAF medal.

Ratusan prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-N UNIFIL itu juga menerima tanda jasa Satyalancana Santi Dharma atas keberhasilan mereka menyelesaikan misi perdamaian di Lebanon.

Dalam 15 tahun terakhir, Indonesia rutin tiap tahun mengirim prajurit TNI untuk bergabung dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon. Di Lebanon per 26 Oktober 2023, Pusat Penerangan TNI menyebut ada 1.229 prajurit yang tergabung dalam berbagai satgas UNIFIL.

Satgas Kontingen Garuda Maritime Task Force merupakan salah satu unit tugas dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL) yang seluruhnya terdiri atas prajurit TNI Angkatan Laut.

Satgas MTF di Lebanon bertugas memelihara perdamaian di sepanjang perbatasan Lebanon dan Israel bersama satuan tugas lainnya, antara lain Satgas Batalyon Mekanis TNI (INDOBATT), Satgas Pendukung Markas/Force Headquarter Support Unit (FHQSU), Satgas Indo Force Protection Company (FPC), Satgas Koordinasi Sipil-Militer/Civilian Military Coordination (CIMIC) TNI, Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU), dan Satgas Level 2 Hospital.

Baca Juga :  Prabowo resmi umumkan Gibran Rakabuming jadi cawapres

Sebagian besar prajurit TNI yang tergabung dalam UNIFIL beroperasi di darat, sementara untuk Satgas MTF menjalankan tugasnya di laut.

Beberapa tugas yang diemban oleh para prajurit dari Satgas MTF UNIFIL, di antaranya berpatroli di perairan, di sepanjang perbatasan, mencegah masuknya senjata secara ilegal, dan menggelar pelatihan untuk prajurit Angkatan Laut Lebanon.

Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-N UNIFIL/KRI Frans Kaisiepo-368 merupakan Satgas MTF ke-14 yang dikirimkan Indonesia ke Lebanon.

Sekembalinya mereka ke Tanah Air, tugas di Lebanon itu saat ini diemban oleh Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL/KRI Diponegoro-365.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Penyunting: Edy M Yakub
Copyright © Rumahbicara.com 2024

Asal : www.antaranews.com

Berita Terkait

Aliansi Advokat Indonesia: Pertahankan hasil pemilu sesuai mekanisme
Ten Hag akan lakukan segalanya demi bawa MU finis di empat besar
Imigrasi Batam deportasi buron asal Jepang
Temui Sri Sultan HB X selama dua jam, ini kata Menko Polhukam
Dubes Ukraina sebut masyarakat internasional bisa hentikan perang
KPU: Anggaran Sirekap akan dilaporkan dan diaudit BPK 
Kementerian PPPA bersama Pemprov Maluku komitmen cegah perkawinan anak
Polisi selidiki penyebab 105 orang keracunan di Mandailing Natal

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:38 WIB

Nunez, Salah, dan Szoboszlai berpeluang tampil lawan Chelsea di final

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:35 WIB

Hokky tetap optimistis Garuda Muda tembus 8 besar Piala Asia U-23

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:34 WIB

Divaldo Alves nilai imbang lawan Persebaya sebagai hasil yang adil

Jumat, 23 Februari 2024 - 23:33 WIB

Persib gagal pertahankan keunggulan dan ditahan imbang Barito Putera

Jumat, 23 Februari 2024 - 22:32 WIB

Persib Bandung ditahan imbang Barito Putera

Jumat, 23 Februari 2024 - 21:31 WIB

Tuchel: Saya bukan satu-satunya masalah di Muenchen

Jumat, 23 Februari 2024 - 20:30 WIB

Jadi tuan rumah Liga 3, Persikota Tangerang ditargetkan juara

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:26 WIB

Persis Solo siap kalahkan Persik Kediri

Berita Terbaru